Kamis, 05 Januari 2012

GLOBALISASI DALAM KEHIDUPAN


BAB I
PENDAHULUAN

A.Latar Belakang

            Pada kesempatan kali ini saya akan membahas Globalisasi pada Kehidupan. tahu kah kamu apa arti globalisasi itu sebernarnya globalisasi itu belum memiliki arti yang pasti.untuk mengartikannya tergantung dari mana orang melihatnya ada yang memandangnya sebagai suatu proses sosial,proses sejarah atau proses alamiah yang akan  membawa bangsa dan negara didunia akan makin terikat satu sama lain.adanya globalisasi akan memberikan pengaruh terhadap kehidupan bermasyarakat.ada yang berpengaruh baik tetapi ada juga yang berpengaruh buruk.Semua bergantung bagaimana sebaiknya sikap kita dalam menghadapi globalisasi.
 Adanya globalisasi bisa menyebabkan budaya asing dengan mudah masuk keindonesia.Budaya asing tersebut membawa pengaruh baik dan buruk bagi masyarakat indonesia.Oleh karena itu kita harus dapat,kita harus dapat memilih mana budaya yang sesuai dengan pertentangan dengan budaya indonesia.
            Globalisasi berarti suatu proses yang terjadi pada masyarakat dunia.globalisasi tersebut memungkinkan terbukanya berbagai batas baik fisik,psikologi maupun kultural diantara warga dunia.Globalisasi sekaligus berarti meningkatkan pertukaran arus informasi,terbukanya wawasan-wawasan baru,dan tersediannya berbagai pilihan dengan skala prioritas untuk menentukan arah tindakan seseorang.Secara psikologis,individu dalam proses seperti ini akan mengalami perubahan-perubahan kognitif dan kebutuhan,yang pada gilirannya akan membawa pembentukan nilai-nilai mengenai hal-hal yang bermakna bagi hidupnya.
                                                     
BAB II
PERMASALAHAN

A.    RUMUSAN MASALAH
1.     Bagaimana pengaruh globalisasi terhadap kehidupan masyarakat ?
2.     Agaimana sikap kita seharusnya terhadap pengaruh globalisasi tersebut ?
3.     Apa saja jenis kebudayaan yang ada di Indonesia ?


BAB III
PEMBAHASAN

A.    Pengaruh Globalisasi di Lingkungan Sekitar
             Sebelum membahas globalisasi sebaiknya,kamu belajar terlebih dahulu tentang pengertian globalisasi.

1.     Pengertian Globalisasi
            Globalisasi belum memiliki arti yang pasti.Untuk mengartikannya tergantung dari sisi mana orang melihatnya,Ada yang memandangnya sebagai proses sosial,proses sejarah atau proses alamiah yang akan membawa seluruh bangsa dan negara didunia semakin terikat satu sama lain.
            Anggapan yang ada selama ini tentang globalisasi adalah bahwa proses globalisasi akan membuat dunia seragam.Proses globalisasi akan menghapus identitas dan jati diri.Kebudayaan lokal atau daerah akan daerah akan tersisih oleh kekuatan budaya besar atau kekuatan budaya global.Misalnya saja tradisi gotong rorong yang biasa dilakukan masyarakat didesa,sekarang ini mulai sedikit orang yang mau melakukan.Masyarakat mulai bersifat individualisme yaitu mementingkan diri sendiri.Anggapan itu tidak sepenuhnya benar.Kemajuan teknologi komunikasi memang telah membuat batas dan jarak menjadi hilang dan tidak berguna.berikut ini beberapa ciri yang menandakan semakin berkembangnya globalisasi didunia.
a.            Adanya sikap saling ketergantungan antara satu negara dengan negara lain   terutama     dibidang ekonomi.
b.            Meningkatnya masalah bersama,misalnya pada bidang lingkungan hidup.
c.                        Berkembangnya barang-barang seperti telepon genggam,televisi,satelit,dan internet menunjukan bahwa komunikasi global terjadi demikian cepatnya.
d.           Meningkatnya interaksi kultural (kebudayaan) melalui perkembangan media masa (terutama tv,film,musik,berita dan olah raga internasional).
Saat ini kita mendapat gagasan dan pengalaman baru mengenai hal-hal tentang keanekaragaman budaya misalnya dalam hal pakaian dan makanan.
2.     PengaruhGlobalisasi
            Kalau bicara pengaruh maka akan kita bahas yang baik dan yang buruk dari adanya globalisasi.
Berikut pengaruh baik dari adanya globalisasi :
·       Kemajuan dibidang komunikasi dan transportasi
·       Meningkatnya perekonomian masyarakat dalam suatu negara.
·       Meluasnya pasar untuk produk dalam negri
·       Dapat memperoleh lebih banyak modal dan teknologi yang lebih baik.
·       Menyediakan dana tambahan untuk pembangunan ekonomi

 Sedangkan pengaruh buruk dari adanya globalisasi antara lain.
a.      Gaya hidup bebas,narkoba,dan kekerasan menjadi mudah masuk dalam kehidupan masyarakat indonesia.
b.     Masyarakat cenderung mementingkan dirinya sendiri.
c.      Karena banyaknya barang yang dijual,maka masyarakat menjadi konsumtif.

            Contoh Pengaruh Globalisasi

              Tanpa disadari budaya asing yang masuk keindonesia telah mempengaruhi perilaku masyarakat Indonesia,Berikut ini contoh pengaruh globalisasi di lingkungan sekitar

a.      Gaya Hidup

            Gaya hidu tradisional di zaman globalisasi ini sudah semakin berkurang dan bahkan cenderung untuk ditinggalkan oleh masyarakat sekarang ini.,asyarakat cenderung memilih menerapkan gaya hidup modern dari pada gaya hidup tradisional.Alasan mengapa masyarakat memilih gay hidup modern adalah karena semuanya serba mudah,cepat,dan ekonomis.
            Selama ini,kita sudah terbiasa dengan prinsip “biar lambat asal selamat”.Prinsip tersebut melambangkan bahwa kita belum mampu menghargai waktu yang tepat dan optimal.Akibat globalisasi gaya hidup masyarakat udah mulai berubah.Mereka sudah tau betapa pentingnya waktu.Apabila kita membuang-buang waktu,maka akan mengalami kerugian,Sebab waktu tidak bisa diputar kembali.
            Globalisasi juga berdampak buruk terhadap gaya hidup masyarakat.Contohnya ada sebagian masyarakat kita meniru gaya hidup bangsa lain yang tidak sesuai dengan kepribadian bangsa kita,seperti mabuk-mabukan,suka berpesta pora,berperilaku kasar serta kurang menghormati orang yang lebih tua.Gaya hidup seperti itu harus kita jauhi karena tidak sesuai dengan norma-norma yang berlaku dimasyarakat.

b.     .Makanan

            Makanan pokok bangsa indonesia sebagian besar adalah nasi.Namun,ada juga yang berasal dari jagung maupun sagu.Makanan pokok tersebut sebelum disajikan harus diolah terlebih dahulu dan proses pengolahannya membutuhkan waktu yang lama.

            Dengan adanya globalisasi kebanayakan orang mulai cenderung beralih mengonsumsi makanan yang cepat saji biasa disebut fets food.Makanan cepat saji sekarang dan mudah sekali ditemui.Disamping itu juga ada makanan yang pembungkusnys menggunakan aluminium foil.biasanya makanan untuk anak-anak.Selain makanan juga ada makanan dalam kaleng,sehingga mudah dan dapat langsung diminum.Contoh makanan yang ada karena globalisasi,pizza,spageti,contoh minuman banyak bermunculan minuman isotonik.

            Dengan adanya makanan cepat saji yang berasal dari luar negri membuat orang nerasa bangga jika orang tersebut memakannya.Karena jika memakannya maka disebut orang modern dan tidak ketinggalan zaman.Makanan cepat saji tidak semuanya aman untuk kesehatan,tanyakan pada orang tuamu tentang aman tidaknya makanan dan minuman itu untuk kesehatan.Apakah kamu suka makanan atau minuman cepat saji?
  1. Pakaian
Pakaian merupakan bahan yang kita gunakan untuk menutup aurat dan melindungi badan.Pakaian juga berfungsi untuk menutup kesopanan.Pakaian yang dipakai pada zaman dahulu dengan zaman sekarang berbeda.Pada zamab dahulu pakaian sangat sederhana yang penting bisa digunakan untuk menutup aurat,melindungi tubuh serta menjaga kesopanan.
         Pakaian juga sebagai trend.modelnya bermacam-macam negara yang dianggap trend cevter pakaian adalah prancis (paris).Mode dari paris banyak ditiru oleh negara-negara didunia.Misalnya model atau bentuk pakaian sekarang ini kebanyakan pakaian minim dan terbuka yang dianggap tidak sesuai dengan kebudayaan indonesia.
Contoh lain adalah baju jas yang merupakan budaya bangsa barat sudah digunakan oleh sebagian masyarakat kita pada acara-acara resmi atau resepsi.Begitu pula dengan celana jeans dan T-shirt.Masyarakat kita sudah terbiasa menggunakanya dalam kehidupan sehari-hari.

  1. Komunkasi

            Komunikasi juga merupakan contoh pengaruh dari globalisasi.Komunikasi adalah contoh hubungan seseorang dengan orang lain.Komunikasi dapat dilakukan dengan dua orang atau lebih.Dahulu komunikasi antara wilayah dengan menggunakan jasa pos yaitu surat yang sampainya bisa mencapai satu atau dua hari,kemudian berkembang dengan telefon rumah,namun sekarang ini di era globalisasi jika akan berkomunikasi baik satu arah ataupun dua arah dengan orang lain berbeda wilayah itu sangat mudah,cepat,dan murah.Sarana yang digunakan misalnya telepon kabel,telepon seluler,internet,email dan taksimile.Dengan adanya alat komunikasi yang canggih kita dapat melakukan hubungan dengan siapa saja didunia ini.
Sekarang ini banyak ditemui warung-warung internet,maka orang akan mudah mencari segala macam informasi yang ada di seluruh dunia.Adanya telepon genggam merupakan alat komunikasi yang praktis,canggih dan mudah dibawa kemana saja.

  1. Jenis Budaya Indonesia yang Pernah Ditampilkan dalam Misi Kebudayaan Internasional.

1.         Jenis Budaya Indonesia
            Kebudayaan indonesia dapat diartikan sebagai seluruh kebudayaan lokal yang telah ada sebelum terbentuknya bangsa indonesia pada tahun 1945.Seluruh kebudayaan lokal lokal yang berasal dari suku-suku bangsa yang berasal di indonesia merupakan bagian dari kebudayaan indonesia.
Kebudayaan indonesia walaupun beraneka ragam,namun pada dasarnya terbentuk dan dipengaruhi oleh kebudayaan besar lainnya seperti kebudayaan India,dan kebudayaan Arab Kebudayaan india terutama masuk dari penyebaran agama hindu dan Budha semapat menguasai nusantara pada abad ke-5 masehi ditandai dengan berdirinya kerajaan tertua dinusantara,yaitu kutai.
              Berikut ini jenis kebudayaan yang dimiliki bangsa indonesia yang berasal dari berbagai suku bangsa di indonesia.
a.Kategori tradisional
·         Tarian Daerah
·         Lagu  Daerah
·       Musik Daerah
·       Alat Musik Daerah
·       Gambar/Tulisan
·       Patung
·       Kain
·       Suara
·       Sastra/Tulisan
·       Makanan dan Minuman
                         
              Nilainilai Pancasila,maka budaya asing itu akan kita terima,sebaliknya jika bertentangan dengan nilai-nilai pancasila maka akan ditolak dengan penyaringan yang ketat ini akan membawa dampak yang positif bagi bangsa Indonesia.
            Meskipun banyak budaya asing yang masuk ke indonesia,tetapi bangsa indonesia juga tidak ketinggalan.Banyak juga barang,jasa, dan budaya indonesia yang dikirim keluar negri.Misalnya kain atau tekstil pakaian jadi banyak yang dikim dan diminati oleh warga asing.Ukir-ukiran dan berbagai jenis patung juga banyak yang telah diekspor keluar negri.Selain barang dan jasa,banyak juga budaya terutana budaya seni indonesia yang telah tampil diluar negri dalam rangka misi kebudayaan internasional.Kegiatan ini juga dapat mempererat kerja sama antar bangsa sehingga meningkatkan persatuan dan kesatuan seluruh bangsa-bangsa didunia.

       



             Contoh tim kesenian yang pernah tampil dalam rangka misi kebudayaan internasional antara lain :
a.         Kelompok kesenia Bougenville yang berasal dari kalimantan barat,diundang ke Madrid spanyol untuk mengikuti festival asia yaitu tahun 2003.
b.         Tim Kesenian Sumatra Selatan dalam acara Festival Gendang Nusantara,di Malaysia.
c.         Tim kesenian nanglan danasih.tampil di Roma italia dalam acara Festival Seni Internasional.
d.         Tim kesenian bali mempertunjukan Sendratari Ramayana dalam festival kebudayaan internasional di India dan lain-lain.

            Misi timkesenian Indonesia di luar negri antara lain :
a.         Dapat memperkenalkan kebudayaan Indonesia yang beraneka ragam kepada dunia internasional sehingga mampu menarik wisatawan asing untuk mengunjungi indonesia.
b.         Meningkatkan kerja sama yang baik dengan luar negri di bidang kesenian.
c.         Meningkatkan kerukunan dengan bangsa lain.

C.        sikap terhadap Pengaruh globalisasi yang terjadi dilingkungan sekitar.

Globalisasi berkembang sangat cepat dan sudah melanda seluruh dunia.Globalisasi sangat mempengaruhi tingkah laku kehidupan masyarakat.Kita tidak bisa menolak pengaruh globalisasi dalam kehidupan masyarakat diindonesia.Apabila bangsa indonesia menolak,maka bangsa indonesia akan semakin tertinggal dalam pergaulan antar bangsa didunia dan menjadi bangsa yang terbelakang.Namun kita juga tidak boleh menerima segala hal yang berasal dari luar sebagai sesuatu yang baik bagi bangsa indonesia.Kita harus bisa lebih selektif dan kritis terhadap pengaruh budaya asing yang masuk ke indonesia.Pengaruh yang masuk akibat globalisasi ada yang berpengaruh positif,tetapi ada pula yang berpengaruh negatif.
Pengaruh globalisasi yang positif berarti telah disaring oleh Pancasila sehingga dapat kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari.dengan pengaruh yang positif juga dapat membawa kemajuan suatu bangsa.Sedangkan pengaruh negatif dari globalisasi berarti tidak sesuai dengan kepribadian bangsa,sehingga tidak perlu kita terapkan melainkan harus kita hindarkan.karena dapat merusak bahkan membawa pengaruh yang lebih buruk bagi perkembangan bangsa.meskipun globalisasi terus berjalan kita harus tidak selalu mengikuti untuk dapat mengikuti globalisasi yang terus berkembang dengan pesat adalah dengan membentangi diri kita yaitu dengan.Dengan agama kita dapat mengendalikan diri kita dari segala pengaruh.Dengan hal-hal tersebut diharapkan kita dapat menyikapi dampak negatif dari globalisasi.
Contoh budaya asing yang harus kita tolak antara lain gaya hidup hedonistik (hidup berhura-hura),sikap atheis (tidak mengaku tuhan),berpakaian yang sangat terbuka,individualistik mabuk-mabukan dan berjudi.Sebaliknya,terhadap budaya asing yang positif kita harus mampu menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.Misalnya sikap kerja etos yang paling tinggi,menghjargai waktu dan menepati janji.





BAB III
PENUTUP


A.    KESIMPULAN

            Dari pembahasan diatas maka dapat saya simpulkan bahwa globalisasi itu dapat dipandang sebagai suatu proses,baik proses sosial,sejarah,ataupun alamiah yang menyebabkan seluruh bangsa didunia menjadi terikat.Disisi lain globalisasi juga membawa pengaruh baik dan buruk bagi masyarakat Indonesia diantaranya :
a.     Pengaruh baik globalisasi,misalnya masyarakat mendapatkan kemudahan dalam bidang transportasi komunikasi.
b.     Pengaruh buruk globalisasi,Misalnya masuknya budaya asing seperti pergaulan bebas,penyalahgunaan narkoba,dan tindalkan kekerasan.

            Untuk mempererat kerja sama dan meningkatkan persatuan dan kesatuan dengan negara-negara didunia maka diadakan pertukaran budaya.Kebudayaan indonesia juga banyak yang tampil diluar negri.Dan sikap yang kita tujukan dalam menghadapi globalisasi yang berkembang dengan pesat adalah dengan mengendalikan diri berdasarkan ilmu-ilmu agama dan nilai-nilai pancasila.

1 komentar:

Mengenai Saya

Foto saya
BREBES, JAWA TENGAH, Indonesia
Ina itu orangnya luc ceria...pi suka jutek. . .enak diajak ngobrol,imut,cantik he,,pantang menyerah..